Home » » Atasi Banjir Langkat, Pemprovsu akan Bangun Tanggul 6 km

Atasi Banjir Langkat, Pemprovsu akan Bangun Tanggul 6 km

Written By Fraksi PKS Kota Medan on Kamis, 22 Januari 2015 | 08.06


TANJUNGPURA- Guna mengatasi banjir yang selalu melanda Desa Pematang Cengal, Kecamatan Tanjungpura Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), akan dibangun kembali tanggul sepanjang lebih kurang 6 km.

Kehadiran tanggul ini diharapkan mampu menahan banjir yang datang akibat meluapnya sungai Batang serangan, karena tanggu yang ada saat ini tidak mencukupi untuk menahan debit air yang saat waktu tertentu mengalami pasang besar. Rencananya, pembangunan tanggul tersebut akan mulai dilakukan tahun 2016.

Demikian terungkap dalam peninjauan yang dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Gatot Pujo Nugroho ST MSi bersama Wakil Bupati Langkat Drs H Sulistiyanto MSi, Sekdakap DR Indra Salahuddin Langkat dan Kadis PSDA Sumut Ir Dinsyah Sitompul ketika meninjau pemukiman warga di Dusun I Batang Cengal Barat, Rabu (21/1).

Peninjauan ini dilakukan untuk menindaklanjuti banjir yang memang sering melanda setiap tahunnya, dan tahun ini memang banjir yang cukup besar akibat beberapa tanggul yang ada tak mampu menahan air sungai.

Saat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Pemprovsu ini, warga sangat senang sekali saat Gubsu berjanji akan meninggikan tanggul yang ada. "Dengan senang hati pak, kalau ditinggikan maka tidak akan banjir lagi," kata Juraida, salah satu warga yang tinggal di sekitar tempat itu.

Salim, warga lainnya mengungkapkan bahwa ada 550 KK di desa Pematang Cengal ini yang memang berharap ada peninggian tanggul. Karena tanggul yang ada sudah semakin lama semakin rendah. Sehingga, saat air pasang dan arusnya deras membuat tanggul jebol. "Kami selain di tinggikan juga dibuat batu miring agar tidak jebol," ujarnya.

Asmayan, 63 tahun memang sangat mengatakan selama dirinya 30 tahun tinggal di desa itu, banjir memang tak menjadi hal yang baru setiap tahunnya. Namun baru kali ini bajirnya yang cukup besar.
"Rumah kami aja hampir separuh tenggelam. Kemaren sudah surut, dan tinggal lumpur yang menumpuk di rumah," katanya.

Bahkan, Gubsu juga menyempatkan masuk ke salah satu rumah korban banjir dan langsung berdialog dengan Maryati bersama suaminya Samsudin,

Kedua suami istri itupun langsung menunjukkan rumah mereka yang saat ini penuh dengan lumpur dan mulai bergeser akibat kuatnya arus air yang melimpah dari sungai Batang Serangan. Mendengar itu, Gubsu berjanji akan segera meninggikan tanggulnya dan menurutnya di bersama Bupati Langkat sudah membuat oret-oret tentang pembangunan tanggul tersebut.

"Langkahnya penangan yang paling dekat adalah dengan meninggikan tanggul," kata Gubsu saat diwawacarai wartawan.

Memang, lanjutnya, Ketinggian tanggul yang ada sudah mulai tipis dan lebarnya sudah mulai berkurang. Disamping kerja strategis keepannya, lanjut Gubsu agar Bupati Langkat memberikan kesadaran kepada masyarakat karena sebenarnya warga tidak boleh tinggal di daerah seperti ini.

"Perda No.5 tahun 1995 kemudian diperkuat oleh permendagri No. 38 tahun 2011 sebenarnya masyarakat tidak boleh tinggal di dataran sungai tapi mereka sudah tinggal cukup lama disini dan mereka secara kultur telah beradaptasi dengan banjir dan memang tahun ini adalah babjir yang besar solusinya menang harus dengan meninggikan tanggul," jelasnya.
Selain peninggian tanggul, lanjut Gubsu juga pengerukan dasar sungai Batang Serangan dan Sungai Wampu.

Kadis PSDA Sumut Ir Dinsyah Sitompul menambahkan pembanguan tanggul sepanjang 6 KM yang melewati 3 Desa akan direncanakan pada tahun 2016. "Saat ini kita akan masukan ke Musrenbang 2015 dan kita persiapkan untuk di 2016 degan membangun tanggul sepanjang 6 km yang melalui 3 desa di Tanjung Pura," katanya.

Hal itu, untuk mengatasi agar warga sekitar tidak kena damfak banjir yang terjadi yang diakibatkan oleh debit Sungai Batang Serangan yang setiap tahunnya akan berubah. "Makanya sesuai degan hasil survey semalam maka ketinggian air di atas tanggul 0,6 meter sedangkan tinggi tanggul adalah 80 centimeter jadi. Ditotalkan 1,4 meter maka akan direncanakan tinggi tanggul itu 2,5 meter dengan lebar atas 2 meter, lebar bawah 6 meter dan kiri kanan tanggul akan dilapisi batu," katanya.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2014. Fraksi PKS Medan - All Rights Reserved